Cara Membuat Nota Pada Excel

Cara Membuat Nota Pada Excel. sudah menjadi kebutuhan untuk mencatat transaksi setiap perniagaan dalam bentuk nota penjualan. ini merupakan bukti fisik bagi penjual dan pelanggan bahwa mereka telah melakukan proses jual beli barang. oleh karenanya dibutuhkan nota untuk memberikan kemudahan jika terjadi kekeliruan dalam proses jual beli nantinya. sehingga diharapkan tidak ada salah satu pihak yang dirugikan baik penjual maupun pembeli. oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nota penjualan dengan excel.

mengapa dijelaskan cara membuat nota di excel 2007 atau seri lainnya. ada beberapa alasan mengapa saat ini akan diuraikan cara bikin nota di excel. dengan menggunakan microsoft excel, diharapkan tutorial ini mudah dipraktekkan karena hampir tiap komputer pasti telah terinstal ms excel yang terdapat pada paket ms office baik versi 2003, 2007, 2010 atau 2013 terbaru. selain itu, ukuran file nota excel kecil dan ringan (kurang 1 MB) sehingga tidak memberatkan kinerja komputer. aplikasi nota penjualan excel ini mudah digunakan oleh orang awam karena dibuat untuk transaksi penjualan sederhana. seperti toko, warung, jasa foto copy, warnet, jual pulsa, bengkel, dinas dll. file nota excel dapat di download di akhir artikel Cara Membuat Nota Pada Excel ini.

sebenarnya banyak cara membuat nota penjualan, tidak hanya dengan excel. anda dapat mencoba cara membuat nota dengan coreldraw, software POS (point of sale), crystal report. anda juga dapat praktek cara membuat nota otomatis di excel, ms word atau dengan PHP. namun pada waktu ini sedang dikaji tentang cara buat nota excel. jadi anda dapat membuat nota sendiri dengan mudah dan murah. anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk belajar cara membuat nota pada excel. akan disediakan 3 contoh nota excel yang sudah jadi dan anda tinggal memakai dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan anda. dan terima kasih yang tak terhingga bagi teman-teman yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk berbagi nota excel. semoga apa yang telah dikerjakan mendapatkan balasan kebaikan. amin.

tiga nota excel pada tutorial ini diambil dari smppgrisatubdl.com (notapenjualan.xlsx), atik.web.id (Blanko-Nota.xlsx) dan loginmarkasduniamaya.blogspot.com (NOTA WARUNG.xlsm). sebelum anda meneruskan membaca tutorial ini, jika anda ingin download 3 file nota diatas silahkan download di akhir artikel Cara Membuat Nota Pada Excel ini. umumnya file nota diatas terdiri dari 2 sheet yaitu sheet data barang yang dijual dan sheet hasil nota yang siap di print. ada beberapa formula yang digunakan dalam membuat nota excel ini yaitu fungsi INDEX, MATCH, SUM, VLOOKUP, IF dan IFERROR.  jadi dengan memasukkan kode barang dan jumlah barang maka harga satuan barang dan total harga yang harus dibayar otomatis tersedia. mudah bukan?

ada juga nota yang diberi rumus terbilang excel seperti kwitansi namun tidak disediakan disini. jika anda tertarik mencoba silahkan baca tutorial sebelumnya tentang cara membuat rumus terbilang excel dan cara membuat kwitansi menggunakan excel.

Cara Membuat Nota Pada Excel

sebenarnya bukan membuat nota tapi menjelaskan fitur 3 nota yang telah disebutkan sebelumnya.
dengan memakai file Blanko-Nota.xlsx, anda dapat memasukkan kode, nama dan harga barang pada sheet2 dan untuk membuat nota pada sheet1. dengan memasukkan kode dan QTY (banyak barang) saja maka total harga langsung tersedia serta nota siap dicetak. meskipun kode barang berada pada sheet berbeda dengan nota tapi disediakan list box atau combo box yang berisi kode barang untuk input kode. download format Blanko-Nota.xlsx di akhir tutorial Cara Membuat Nota Pada Excel ini.
Cara Membuat Nota Pada Excel
input data barang pada Blanko-Nota

Cara Membuat Nota Pada Excel
input kode pada Blanko-Nota

Cara Membuat Nota Pada Excel
Blanko-Nota - atik.web.id

Cara Membuat Nota Pada Excel
sheet pada Blanko-Nota

dengan menggunakan file notapenjualan.xlsx, anda dapat memasukkan kode, nama dan harga satuan barang pada sheet dtbarang dan untuk membuat nota pada sheet Nota. dengan memasukkan kode barang dan jumlah beli saja maka total bayar langsung tersedia serta nota siap dicetak. dengan adanya kode barang pada sheet yang berbeda dengan nota cetak maka diperlukan perpindahan sheet ketika memasukkan kode barang. tips : buatlah kode barang yang mudah diingat apalagi jika jumlah barang sampai ratusan. download contoh notapenjualan.xlsx di akhir artikel Cara Membuat Nota Pada Excel ini.
Cara Membuat Nota Pada Excel
input barang pada notapenjualan
Cara Membuat Nota Pada Excel
notapenjualan - smppgrisatubdl.com
Cara Membuat Nota Pada Excel
sheet pada notapenjualan

dengan mencoba file NOTA WARUNG.xlsm, anda dapat memasukkan kode, item dan harga pada sheet data dan hasil akhir nota pada sheet nota. dengan memasukkan kode dan qtty (jumlah beli) saja maka total bayar langsung tersedia serta nota siap dicetak. kode barang berada pada sheet yang sama dengan nota cetak sehingga memudahkan input kode barang namun agak rumit jika jumlah kode barang ratusan. selain itu tersedia tombol cetak untuk cetak nota serta berapa diskon dan jumlah uang kembali jika ada. download template NOTA WARUNG.xlsm di akhir posting Cara Membuat Nota Pada Excel ini.
Cara Membuat Nota Pada Excel
input barang pada NOTA WARUNG
Cara Membuat Nota Pada Excel
NOTA WARUNG - loginmarkasduniamaya.blogspot.com
Cara Membuat Nota Pada Excel
sheet pada NOTA WARUNG

silahkan memilih nota kontan excel yang sesuai dengan kebutuhan anda dan selamat mencoba!

Download Contoh Nota Excel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Nota Pada Excel"

Posting Komentar