VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel

Vlookup dan Hlookup di Excel. jika sebelumnya telah dibahas tentang rumus excel perkalian dan pembagian dimana dijelaskan tentang cara membuat rumus perkalian dan pembagian di excel yang mudah dipahami. pada pembahasan perkalian dan pembagian di excel fungsi yang digunakan adalah rumus product. uraian lebih lengkap yang disertai dengan gambar pada tiap langkahnya silahkan baca artikel rumus excel perkalian dan pembagian. selain rumus perkalian dan pembagian, sebelumnya juga dipraktekkan rumus terbilang excel dimana kita dapat konversi angka ke huruf, sehingga ketika membuat aplikasi kwitansi atau apalikasi apapun yang perlu mengubah angka ke huruf kita dapat menggunakan rumus terbilang excel. contoh jika kita ingin ubah angka ke huruf dari nilai Rp 150.000,- maka ditulis menjadi Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah. mudah bukan jika anda tertarik silahkan baca tutorial cara membuat rumus terbilang excel.

namun sekarang kita akan menjelaskan tentang cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup di excel 2007 atau dapat juga dipraktekkan pada microsoft excel 2003, 2010, 2013 terbaru. fungsi vlookup dan hlookup digunakan untuk apa sih ? mungkin ada yang belajar vlookup dan hlookup di excel, anda sudah berada di tempat yang tepat. disini akan diuraikan tentang cara vlookup dan hlookup di excel dengan gambar lengkap pada setiap langkahnya, dengan contoh soal vlookup dan hlookup excel pada perhitungan gaji pegawai sederhana. sehingga diharapkan kita dapat faham penggunaan vlookup dan hlookup di excel. jika anda ingin praktek artikel ini silahkan Download Contoh Soal Vlookup dan Hlookup Excel diakhir posting.

mohon maaf saat ini tidak sedang membahas vlookup dan hlookup pdf namun kita membahas vlookup dan hlookup di excel. dimana kita belajar tentang bagaimana cara mencari nilai dari suatu tabel dengan menggunakan kunci tertentu. jika tabel tersebut datanya tersedia secara vertikal maka menggunakan rumus vlookup dan jika tabel tersebut datanya tersedia secara horizontal maka menggunakan fungsi hlookup excel. perlu diketahui huruf v pada vlookup adalah vertical dan huruf h pada hlookup adalah horizontal. kali ini akan dicoba cara membuat vlookup dan hlookup di excel pada perhitungan gaji pegawai sederhana. contoh vlookup dan hlookup excel 2007 dapat anda Download Contoh Soal Vlookup dan Hlookup Excel diakhir artikel ini.

Vlookup dan Hlookup di Excel

coba perhatikan gambar dibawah ini. kita akan belajar vlookup dan hlookup di excel untuk menghitung gaji pegawai sederhana seperti pada tabel dibawah. cara menggunakan vlookup dan hlookup di excel 2007 dapat dengan mudah dipraktekkan pada tabel dibawah ini. perhatikan, ketika kita mencari nilai gaji pokok, tunjangan dan transport maka kita menggunakan fungsi vlookup dan ketika kita mencari nilai pajak maka kita menggunakan fungsi hlookup. kita menggunakan rumus vlookup ketika mencari gaji pokok karena data tabel gaji pokok tersusun secara vertikal. sedangkan penggunaan rumus hlookup ketika mencari nilai pajak karena data tabel potongan pajak tersusun secara horizontal.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
contoh soal VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
bagaimana rumus vlookup dan hlookup di excel ? mudahnya fungsi vlookup dan hlookup pada excel adalah sebagai berikut. sintaks rumus vlookup adalah =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom) dan fungsi hlookup adalah =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).

contoh untuk mencari gaji pokok FATIN, kita cari tabel mana yang mempunyai data Gaji Pokok yaitu Tabel Gaji Pokok. nilai kunci dari Tabel Atas dengan Tabel Gaji Pokok adalah Gol (1A, 1B, 1C) karena keduanya punya nilai yang sama. terlihat pada Tabel Gaji Pokok, data tersusun secara vertikal dari  1A sampai 1C maka fungsi yang dipakai adalah VLOOKUP. maka tulis pada sel D5 dengan sintaks rumusnya adalah =VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,2). B5 adalah letak sel dari nilai kunci yaitu 1C karena golongan FATIN adalah 1C. sedangkan nilai $B$14:$E$16 adalah letak sel data tabel Gaji Pokok yaitu dari B14 sampai E16 dan keduanya dipisah dengan simbol dolar ($) agar nilainya absolut (tidak berubah). adapun nilai 2 pada rumus adalah letak kolom Gaji Pokok pada Tabel Gaji Pokok yaitu pada kolom 2 dimana kolom 1 adalah Gol, kolom 3 adalah Tunjangan dan kolom 4 adalah transport. demikian penjelasan fungsi Vlookup dan Hlookup di ms Excel untuk mencari gaji pokok fatin.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari gaji pokok

penting :

setelah penulisan rumus Vlookup dan Hlookup di microsoft Excel klik tombol Enter di keyboard agar nilai tidak berubah. adapun untuk mencari Gaji Pokok SHIDQIA, copy rumus dari sel D5 ke D6 dan gunakan drag kebawah atau arahkan kursor pada pojok kanan bawah sel D5, setelah ada tanda +, tekan dan arahkan ke sel D6 dan sel mana saja yang dikehendaki. maka rumus vlookup pada sel D5 dicopy ke sel D6 dan nilai kunci berubah otomatis menjadi B6 karena nilai kunci dari SHIDQIA adalah golongan 1B. begitu juga untuk copy rumus untuk mencari gaji pokok LUBIS dan seterusnya.

adapun untuk mencari Tunjangan FATIN, sama caranya dengan contoh mencari gaji pokok fatin. tulis fungsi vlookup pada sel E5 dengan sintaks =VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,3). sintak fungsi vlookup tidak berubah dengan rumus mencari gaji pokok kecuali nilai 3 saja karena letak kolom tunjangan adalah pada kolom 3 dari tabel gaji pokok. jangan lupa tekan tombol enter setelah penulisan fungsi vlookup dan gunakan drag untuk copy rumus vlookup dari E5 ke E6 sampai E9. mudah belajar vlookup dan hlookup di excel ?
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari tunjangan
adapun untuk mencari Transport FATIN, caranya sama dengan contoh mencari tunjangan fatin. tulis fungsi vlookup pada sel F5 dengan sintaks =VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,4). sintak fungsi vlookup tidak berubah dengan rumus mencari tunjangan kecuali nilai 4 saja karena letak kolom transport yaitu pada kolom 4 dari tabel gaji pokok. jangan lupa tekan tombol enter setelah penulisan fungsi vlookup dan gunakan drag untuk copy rumus vlookup dari F5 ke F6 sampai F9. demikian penulisan vlookup dan hlookup di excel ?
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari transport
untuk mencari total gaji fatin, tambahkan saja antara data gaji pokok + tunjangan + transport yaitu sel D5+D6+D7 pada sel G5 dengan format =D5+D6+D7. jangan lupa tekan tombol enter setelah tulis fungsi dan gunakan drag untuk copy rumus dari G5 ke G6 sampai G9.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari total gaji
lain halnya untuk mencari pajak FATIN, kita cari tabel mana yang mempunyai data pajak yaitu Tabel potongan pajak. nilai kunci dari Tabel Atas dengan Tabel potongan pajak adalah Gol (1A, 1B, 1C) karena keduanya punya nilai yang sama. terlihat pada Tabel potongan pajak, data tersusun secara horizontal dari 1A sampai 1C maka fungsi yang dipakai adalah HLOOKUP. maka tulis pada sel H5 dengan sintaks rumusnya adalah =HLOOKUP(B5,$G$13:$I$14,2)*D5. B5 adalah letak sel dari nilai kunci yaitu 1C karena golongan FATIN adalah 1C. sedangkan nilai $G$13:$I$14 adalah letak sel data tabel potongan pajak yaitu dari G13 sampai I14 dan keduanya dipisah dengan simbol dolar ($) agar nilainya absolut (tidak berubah). adapun nilai 2 pada rumus adalah letak baris pajak pada Tabel potongan pajak yaitu pada baris 2 dimana baris 1 adalah Gol. karena potongan pajak diambil dari gaji pokok saja maka potongan gaji dikali gaji pokok, maka pada rumus dikali D5 karena letak gaji pokok fatin adalah sel D5. demikian penjelasan fungsi Vlookup dan Hlookup di Excel untuk mencari potongan pajak fatin. jangan lupa tekan tombol enter setelah tulis fungsi dan gunakan drag untuk copy rumus dari H5 ke H6 sampai H9.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari pajak
untuk mencari gaji bersih fatin, kurangi total gaji dengan pajak yaitu sel G5-H5 pada sel I5 dengan format =G5-H5. jangan lupa tekan tombol enter setelah tulis fungsi dan gunakan drag untuk copy rumus dari I5 ke I6 sampai I9.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari gaji bersih
untuk mencari total dari gaji pokok, tambahkan gaji pokok fatin sampai ariana yaitu sel D5:D9 pada sel D10 dengan format =SUM(D5:D9). jangan lupa tekan tombol enter setelah tulis fungsi dan gunakan drag ke arah kanan untuk copy rumus dari D10 ke E10 sampai I10.
VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel
mencari total
demikian artikel vlookup dan hlookup di excel. semoga membantu dan selamat mencoba. ide tulisan umardanny.com. untuk file contoh vlookup dan hlookup  excel 2007 silahkan Download Contoh Soal Vlookup dan Hlookup Excel dibawah.

Download Contoh Soal Vlookup dan Hlookup Excel

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel"

  1. ijin bertanya pak, kalo nilai kunci lebih dari 1 sel (bisa 2, 3, 4 dsbg) bisa ndak? misal, d5 nilai kunci untuk golongan dan d6 nilai kunci untuk tunjangan, jd d7 merupakan jumlah dari sel d5 dan d6, yang mana golongan dan tunjangan memiliki tabel masing-masing, maohon bantuan rumusnya pak... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ditambahkan kolom golongan saja Pak,
      prinsipnya sama dengan rumus vlookup atau hlookup
      untuk tunjangan dan transport di excel.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  2. numpang belajar ya pak, misalkan gini :
    ada 3 sel : sel d5, sel d6, sel d7
    - sel d5 berisi nilai kunci golongan, misal golongan IIB-IIC dst...
    - sel d6 berisi nilai kunci masa dinas, misal 2 thn - 4 thn dst...
    - sel d7 berisi nilai gaji sesuai golongan dan masa dinas
    misal : si "A" gol IIB dengan masa dinas 4 thn maka gajinya 900.000,-
    si "B" gol IIB dengan masa dinas 6 thn maka gajinya 1.100.000,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik link gambar rumus vlookup excel dibawah
      contoh fungsi vlookup masa dinas

      dibuatkan tabel masa dinas sesuai gambar
      untuk menentukan masa dinas 1 th dst
      hanya mengganti angka 2, 3 atau 4 dibelakang
      rumus.
      angka 2,3 dan 4 sesuai dg no kolom
      pada tabel masa dinas.

      Hapus