Cara Membuat Sertifikat dengan Excel

Cara Membuat Sertifikat dengan Excel. pada kesempatan kali ini akan dibahas hal yang berkenaan dengan bagaimana contoh bikin sertifikat di komputer dengan cepat dan mudah menggunakan mail merge di excel dan ms publiser. menggunakan microsoft publiser karena telah tersedia banyak template kosong sertifikat yang dapat dipilih tanpa harus instal lagi di komputer. perlu diketahui bahwa blanko desain sertifikat yang ada di ms publiser merupakan paket dari ms office. namun sebelum itu akan dijelaskan sekilas tentang format Surat Keterangan Hasil Ujian sementara beberapa waktu lalu. jika anda sedang membutuhkan contoh jadi SKHU dan surat keterangan lulus atau SKL yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan silahkan baca Cara Membuat SKHUN Sementara Excel.

sertifikat atau ada juga yang menyebut dengan piagam penghargaan adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian, pengertian sertifkat tersebut diambil dari website kkbi. adapun arti sertifikat jika digabung dengan kata tanah artinya surat bukti pemilikan tanah yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, sedangkan jika gabung dengan kata kelahiran berarti surat bukti kelahiran yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang. namun pada kesempatan kali ini hanya membahas Cara Membuat Sertifikat dengan Excel saja.

jika anda sedang mengadakan acara baik seminar, pelatihan atau workshop komputer atau software tertentu dapat dipastikan membutuhkan sertifikat (certificate) atau piagam penghargaan sebagai bukti bahwa seseorang telah mengikuti atau melakukan pelatihan tersebut. sudah menjadi ketetapan umum bahwa syahadah atau piagam adalah bukti otentik bahwa seseorang telah melakukan kegiatan atau lomba (kontes) pada waktu tertentu. sertifikat sangat berguna bagi seseorang sebagai bukti bahwa orang tersebut telah menguasai dan atau mengerjakan materi atau kegiatan apa saja yang tertulis di lembar piagam tersebut. perlu diketahui bahwa Cara Membuat Sertifikat dengan Excel sangat mudah dan cepat.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas hal yang berkenaan dengan sertifikat pelaut, tanah, bank indonesia, deposito, hak milik, basan usaha, halal mui, hak guna bangunan, rumah atau komputer dan juga tidak sedang menerangkan mengenai cara membuat sertifikat dengan coreldraw, photoshop, ms word, batu, big lab, psd, bst, bil, kosong. namun yang akan dijelaskan saat ini adalah bagaimana Cara Membuat Sertifikat dengan Excel. dapat berupa sertifikat seminar, pelatihan, wordshop, pengabdian masyarakat, lomba, kontes dan lain sebagainya. pembuatan piagam penghargaan menggunakan ms publiser dan mail merge excel. jangan khawatir link file data dan hasil bisa di download di akhir artikel ini.

mengapa menggunakan microsoft publiser ? sekarang akan dibahas tentang Cara Membuat Sertifikat dengan Excel untuk proses mail merge dan ms publiser sebagai template nya karena di publiser telah tersedia beberapa blangko atau contoh desain sertifikat yang sudah jadi sehingga memudahkan kita untuk bikin piagam penghargaan dengan cepat dan mudah. anda pun dapat membuat certificate dengan menggunakan desain template anda sendiri dengan mudah. selain membuat sertifikat, ms publiser juga da[at digunakan untuk buat pamflet, kartu nama, brosur, kartu pos, koran, kalender, label dan seterusnya yang dapat anda kembangkan sesuai dengan kreasi anda.
sertifikat jadi dengan nama, sebagai dan no sertifikat

Cara Membuat Sertifikat dengan Excel

Cara membuat sertifikat di excel cukup mudah dengan menggunakan data awal yang dapat di download pada akhir tutorial ini yang dapat anda kembangkan agar sesuai dengan kegiatan anda. kemudian membuat sertifikat di ms publiser dengan memilih template yang anda sukai. setelah itu menggabungkan keduanya dengan mail merge sehingga anda tidak perlu memakai cara manual dengan mengetik tiap nama pada sertifikat jadi tapi tinggal klik dan print maka tiap sertifikat mempunyai nama yang berbeda-beda.

Membuat Data Peserta di Excel
data peserta dibuat dengan excel yang nantinya akan dihubungkan dengan ms publiser menggunakan mail merge. banyaknya kolom pada data tergantung pada kebutuhan seminar atau pelatihan yang akan dilaksanakan. jika anda hanya ingin mencoba untuk praktek Cara Membuat Sertifikat dengan Excel, silahkan download data excel yang ada diakhir artikel. jadi tidak perlu membuat dari awal lagi. data yang ada pada contoh berisi 3 kolom yaitu tentang nomor sertifikat, nama an keterangan sebagai pembicara atau peserta.

Membuat Sertifikat di Microsoft Publiser
silahkan buka program ms publiser yang menjadi 1 paket dengan microsoft office yang telah terinstal di komputer atau laptop anda. kemudian klik 2x pada Award Certificates dan klik 2x juga pada desain piagam penghargaan yang sesuai dengan pilihan anda. sebagai contoh dipilih template Star. silahkan ubah sertifikat yang sesuai dengan kebutuhan lomba, kontes atau kegiatan lainnya.

atau anda juga dapat membuat sendiri dengan desain template yang cocok dengan acara yang sedang berlangsung di tempat anda.
1. klik Menu File dan pilih New untuk membuat halaman baru.
2. untuk praktek silahkan unduh file data excel, background dan hasil sertifikat di tutorial ini yang disertakan di akhir artikel. dan untuk membuat border klik menu Insert dan pilih Borders & Accents. kemudian tarik border sampai menutupi seluruh halaman.
pilih border 6
tarik border ke tepi halaman penuh
3. untuk menambahkan background, klik menu Format dan pilih Shape Fill kemudian klik Picture. cari file bg yang telah didownload sebelumnya atau gambar lain sesuai selera untuk piagam penghargaan anda.
cari gambar buat backgroud
hasil border dan Background sertifikat
4. untuk menambahkan teks, klik kanan halaman dan pilih Add Text. buatlah tulisan seperti gambar atau sesuai kebutuhan sertifikat.
menambahkan teks
sertifikat setelah diberi teks
Membuat Mail Merge
1. klik menu Mailings dan pilih Use Existing List kemudian cari data excel yang di download sebelumnya. serta klik Sheet1$ dan klik OK.
membuat mail merge
mencari data excel
klick sheet1
klik ok
2. letakkan kursor di tempat nama peserta dan klik Insert Merge Field pada Menu Mailings dan pilih nama. begitu seterusnya sampai no sertifikat.
meletekkan nama pada sertifikat
hasil peletakan nama, sebagai
3. untuk melihat hasilnya klik Preview Results pada Menu Mailings. dan klik tanda panah biru untuk melihat pergantian nama berdasarkan data excel.
untuk lihat hasil mail merge
hasil mail merge
demikian artikel Cara Membuat Sertifikat dari Excel dan baca juga Cara Ganti LCD Laptop. selamat mencoba !

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Cara Membuat Sertifikat dengan Excel"

  1. Aplikasi ga bisa di download y

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, silahkan klik link download di akhir artikel.
      terima kasih sudah mampir di catatan cara bikin
      sertifikat yg baik dengan windows

      Hapus
  2. ms klau mau ngprinnya gmna ko g bsa diprint ?

    BalasHapus
  3. trus ms klau pun sdah dignti formt pnympnannya jdi jpg g bsa dbka

    BalasHapus
  4. ada gak tutorial lengkap membuat ijazah sementara, kalau ada kirimin cara2 lengkapnya dong ke email saya..
    rizalsupriyanto7@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. link download sudah tersedia diakhir artikel

      Hapus
    2. Gan bisa di download tp gak bisa dibuka.. mohon bantuannya.. trims

      Hapus
    3. file contoh sertifikat bisa di download dan dibuka lancar. pakai winrar untuk buka filenya

      Hapus
  5. Terimakasih tips Cara Membuat Sertifikat dengan Excel

    BalasHapus