Rumus Hitung Umur di Excel

Rumus Hitung Umur di Excel. pernahkan kita menghitung berapa umur kita hari ini ? tentu akan mudah jika mencari usia berdasarkan tahun saja tapi bagaimana cara kira umur secara lengkap dengan selisih bulan dan hari. tentu hal ini agak sulit untuk dilakukan kecuali pakai microsoft excel 2007, 2010, 2013 atau 2003. saat ini akan dijelaskan bagaimana cara hitung umur di excel dengan mudah, bukan hanya dengan mengetahui tahun saja tapi juga menghitung selisih usia berdasarkan tahun, bulan dan hari. namun sebelum itu dijelaskan sekilas tentang bagaimana cara buat sertifikat dengan excel dan ms publiser seperti yang telah diterangkan artikel sebelumnya. untuk bikin sertifikat di publiser terbilang mudah karena tersedia template sehingga tidak perlu untuk mencari template lain di internet jika ada kebutuhan mendesat untuk membuat piagam penghargaan atau lainnya. info lebih lengkap baca Cara membuat Sertifikat dengan Excel.

sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa rumus hitung usia pakai excel atau software lainnya sangat berguna untuk mengetahui berapa umur manusia atau berapa tahun seseorang tersebut telah menikah. tidak hanya itu saja tapi dengan menggunakan fungsi cara menghitung umur dengan excel dapat diketahui berapa lama karyawan telah bekerja di suatu perusahaan atau instansi pemerintah. begitu juga dapat mengetahui berapa umur seseorang yang melamar kerja pada saat penerimaan PNS atau CPNS karena biasanya ada batasan usia pegawai baru pada pemberitaan lowongan tersebut. contoh lain dari manfaat cara hitung umur excel ini adalah mengetahui umur anak karena ada batasan pada usia tertentu ketika membeli tiket kereta api atau kapan seseorang dapat ikut pemilu dengan telah mencapai usia tertentu. demikian sedikit kegunaan dari Rumus Hitung Umur di Excel baik 2007, 2010, 2013 atau 2003.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang bagaimana cara hitung masa subur, weton, berat badan ideal, kpr rumah, usia kehamilan, jenis leukosit, bmi, bunga deposito, pajak pph 21, tetesan infus, kurs dollar ke rupiah. tidak juga sedang menerangkan bagaimana cara hitung umur online dengan php, javascript, kucing, vb6, di access, kehamilan atau kandungan janin dengan rumus matematika atau secara manual. akan tetapi akan dibahas tentang Rumus Hitung Umur di Excel yaitu cara menghitung umur kita manusia berdasarkan tanggal lahir atau tanggal tertentu. sehingga diketahui berapa usia kita saat ini lengkap dengan selisih tahun, bulan dan hari dengan menggunakan pakai fungsi DATEDIF excel versi 2007, 2010, 2013 atau 2003.
Cara Menghitung Usia Excel
aplikasi sederhana hitung umur excel
Rumus Hitung Umur di Excel dengan menggunakan fungsi DATEDIF digunakan untuk menghitung selisih dari 2 tanggal yang berbeda. adapun format rumus datedif lewat excel adalah =DATEDIF(date1;date2;interval). dimana date1 adalah tanggal awal yang digunakan untuk menghitung dan date2 adalah tanggal akhir dari perhitungan, dengan catatan tanggal akhir lebih besar dari yang pertama. jika tanggal awal pada fungsi datedif lebih besar dari tanggal akhir maka hasilnya akan error #NUM!. jika kebetulan anda mencoba cara menghitung usia anda dengan ms excel 2007 atau 2010 dan mendapatkan hasil #NUM! maka besar kemungkinan nilai tanggal akhir lebih kecil dari tanggal awal. adapun jika terjadi error the formula you typed contains an error maka kemungkinan karena anda menggunakan koma(,) pada rumus datedif dan silahkan ganti tanda koma dengan titik koma (;).
Cara Menghitung Usia Excel
error the formula you typed contains an error
Cara Menghitung Usia Excel
formula dengan koma diganti titik koma

Rumus Hitung Umur di Excel

pada fungsi datedif yaitu =DATEDIF(date1;date2;interval)
ada beberapa alternatif interval yaitu TODAY(), Y, M, D, YM, YD dan MD.
TODAY() : untuk mencari tanggal hari ini.
Y : untuk menghitung selisih tahun dengan pembulatan ke bawah.
M : untuk cari selisih bulan dengan pembulatan ke bawah.
D : untuk hitung selisih hari.
YM : mencari hitungan bulan setelah dikurangi pembulatan tahun.
YD : cari hitungan hari setelah dikurangi pembulatan hari dalam 1 tahun.
MD : kira hitungan hari setelah dikurangi pembulatan tahun dan bulan.

contoh dibawah adalah penggunaan Rumus Hitung Umur di Excel untuk menghitung usia seseorang yang dihitung berdasarkan tanggal lahir dan hari pernikahan. sehingga kitahu berapa umur orang tersebut sampai hari ini dan berapa usia pernikahan yang telah mereka jalani sampai detik ini. jika anda ingin mencoba mencari berapa umur anda dan berapa usia pernikahan anda silahkan download file excel di akhir artikel ini dengan mengganti tanggal lahir dan nikah sesuai dengan yang telah anda jalani pada cell C3 dan C3. adapun rumus yang digunakan pada formula datedif excel antara lain :

Rumus Usia Pernikahan pada cell C5
=DATEDIF(C2;C3;"Y")&" Tahun "&DATEDIF(C2;C3;"YM")&" Bulan "&DATEDIF(C2;C3;"MD")&" Hari"
cari usia pernikahan
Rumus selisih tahun pada cell C6
=DATEDIF(C2;C3;"Y")&" Tahun"
selisih tahun pada usia pernikahan
Rumus selisih bulan pada cell C7
=DATEDIF(C2;C3;"YM")&" Bulan"
selisih bulan pada usia pernikahan
Rumus selisih hari pada cell C8
=DATEDIF(C2;C3;"MD")&" Hari"
selisih hari pada usia pernikahan
Fungsi Umur hari ini pada cell C10
=DATEDIF(C2;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(C2;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(C2;TODAY();"MD")&" Hari"
mencari umur sekarang
Fungsi selisih tahun pada cell C11
=DATEDIF(C2;TODAY();"Y")&" Tahun"
selisih tahun pada umur sekarang
Fungsi selisih bulan pada cell C12
=DATEDIF(C2;TODAY();"YM")&" Bulan"
selisih bulan pada umur sekarang
Fungsi selisih hari pada cell C13
=DATEDIF(C2;TODAY();"MD")&" Hari"
selisih hari pada umur sekarang
demikian artikel Rumus Hitung Umur di Excel dan baca juga bagaimana Cara Membuat Foto 3x4 di photoshop. selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Rumus Hitung Umur di Excel"

  1. ternyata ada cara untuk hitung umur di excel

    BalasHapus
  2. Bonus harian 5% untuk permainan slot online yang bisa kalian dapatkan hanya di agen kami, daftarkan diri kalian sekarang juga dan dapatkan bonusnya hanya di agen kami Museumbola sekarang juga.


    Main Slot Pakai Uang Asli


    BalasHapus
  3. Bagus sekali artikelnya. Terima kasih.

    BalasHapus