Contoh Rumus Statistik Excel

Contoh Rumus Statistik Excel. pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang cara membuat absensi di excel yang dapat dipakai oleh guru atau lembaga pendidikan untuk merekam kehadiran siswa atau juga guru setiap hari. dimana siswa yang hadir setiap hari akan tercatat secara otomatis menjadi rekapan pada tiap bulannya dengan input hadir, sakit, ijin atau alpa. bukan hanya itu saja, disamping rekapan absen murid tiap bulan, juga terdapat rekap daftar hadir siswa dalam setahun. jadi dapat diketahui berapa jumlah absen tiap murid selama setahun. dengan data ini dapat dijadikan pegangan bagi kepala sekolah untuk memberikan kebijakan sesuai yang dibutuhkan.

selain tutorial tentang cara membuat absensi di excel, sebelumnya juga telah dibahas posting contoh invoice excel download. dimana kita dapat dibantu dalam membuat invoice ketika akan mengadakan transaksi jual beli barang yang kita jual. atau kita juga dapat mengubah invoice sesuai yang kita butuhkan untuk proses penjualan produk. dengan hanya download contoh invoice yang disediakan anda tidak perlu membuat program invoice dari awal. adapun untuk menggunakannya, hanya dibutuhkan daftar pelanggan atau kostumer kita beserta profilnya dan juga barang yang kita jual. untuk membuat invoice cukup mudah, dengan hanya klik menu dropdown kostumer dan barang maka otomtis invoice telah terbuat. sekarang akan dibahas tentang contoh rumus statistik excel.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang statistik excel beispiele, erstellen, vorlage, formeln, mac, pdf, lotto zahlen. begitu juga tidak menjelaskan tentang materi rumus statistik korelasi, deskriptif, probabilitas, matematika, penelitian kualitatif meskipun kemungkinan akan adanya keterkaitan atau dijelaskan sedikit namun tidak secara menyeluruh. dan saat ini akan diuraikan tentang contoh rumus statistik excel sederhana yakni bagaimana kita menentukan nilai minimum, maksimum, rata-rata, jumlah data, jumlah nilai data, median, modus dan standar deviasi atau simpangan baku pada data yang dijadikan acuan.

Contoh Rumus Statistik Excel

fungsi statistik excel 2007 atau versi 2003, 2010 serta 2013 yang dapat digunakan pada materi kali ini. adapun rumus statistik excel yang akan digunakan pada aplikasi kali ini adalah SUM, COUNT, MIN, MAX, AVERAGE, MEDIAN, MODE dan STDEV. sebagaimana telah diketahui bahwa fungsi sum digunakan untuk menjumlahkan nilai data dan fungsi count digunakan untuk menghitung banyaknya data. adapun rumus min dan max untuk mencari nilai tertinggi dan terendah dari data. sedangkan formula average adalah untuk mencari rata-rata dari data dan median untuk mencari nilai tengah dari data. selain itu ada fungsi mode untuk mencari nilai yang sering muncul dan stdev digunakan untuk mencari simpangan baku dari data yang ada. demikian contoh statistik dalam excel.

jangan khawatir untuk mencoba artikel ini, disediakan file aplikasi statistik dalam excel download di akhir tutorial ini yang dapat diunduh secara gratis sehingga teman-teman tidak perlu membuat dari awal dan langsung dapat mencoba data statistik xls. pada file data statistik download di akhir postingan ini terdapat data nilai beberapa siswa pada mata pelajaran IPS dan IPA, dan yang dijadikan contoh soal fungsi statistik excel adalah data nilai IPS. adapun data IPA dapat dipakai untuk mencoba praktek Contoh Rumus Statistik Excel kawan-kawan sekalian.

Contoh Fungsi Statistik Excel

sebagaimana telah terlihat pada gambar dibawah pada program rumus statistik microsoft excel tersedia 2 data nilai yaitu IPS dan IPA. pada data statistik diagram IPS terlihat ada 15 data, fungsi microsoft excel untuk mencari banyaknya data pada range (batas) tertentu adalah menggunakan rumus count(range_data). contoh count diterapkan pada sel i2 yaitu =COUNT(D3:D17). dimana D3 adalah data awal dan D17 adalah data akhir, D3 sampai D17 adalah range data dan ditulis D3:D17. adapun pada sel i3 merupakan contoh fungsi SUM yaitu =SUM(D3:D17) yang menjumlahkan data pada sel D3 sampai sel D17. itulah Contoh Rumus Statistik Excel count dan sum.
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi count di sel i2
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi sum di sel i3
fungsi excel statistik selanjutnya adalah MIN dan MAX yang diterapkan pada sel i4 yaitu =MIN(D3:D17) dan sel i5 yaitu =MAX(D3:D17). dimana keduanya digunakan untuk mencari data terendah dan tertinggi dari rangkaian data excel. jadi nilai minimal dan maksimal dari rangkaian data siswa pada mata pelajaran IPS pada file aplikasi adalah 60 dan 92. sedangkan untuk mencari nilai rata-rata dari data digunakan fungsi AVERAGE yang diterapkan pada sel i6 yaitu =AVERAGE(D3:D17) dan hasilnya adalah 80.8. jadi nilai rerata dari seluruh nilai siswa pada mata pelajaran IPS adalah 80.8. demikianlah Contoh Rumus Statistik Excel min, max dan average.
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi min di sel i4
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi max di sel i5
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi average di sel i6
rumus excel statistik yang lain adalah median, modus dan standar deviasi dimana ketiga nya diterapkan pada sel i7, i8 dan i9. adapun format penulisan median pada sel i7 adalah =MEDIAN(D3:D17) dengan hasilnya 80. jadi nilai tengah dari rangkaian data siswa pada materi IPS adalah 80. untuk mencari nilai yang sering muncul adalah dengan fungsi mode yang ada pada sel i8 yaitu =MODE(D3:D17) yang menghasilkan nilai 90. jadi nilai yang paling sering muncul dari data adalah 90. selanjutnya mencari simpangan baku dengan rumus stdev yang ada pada sel i9 yaitu =STDEV(D3:D17) dengan menghasilkan nilai 8.291131234. itulah Contoh Fungsi Statistik Excel median, modus dan standard deviation.
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi median di sel i7
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi mode di sel i8
Contoh fungsi Statistik Excel
fungsi stdev di sel i9
demikian tutorial Contoh Fungsi Statistik Excel sederhana yang dapat didownload rumus statistik pada aplikasinya dibawah ini. dan baca juga cara update antivirus offline terbaru untuk melindungi laptop anda dari malware penyusup. selamat mencoba!

Statistik Dalam Excel Download

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Rumus Statistik Excel"

Posting Komentar