Cara Menentukan Ranking Excel

Cara Menentukan Ranking Excel. jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh rumus statistik excel dimana kita dapat menyelesaikan perhitungan statistika menggunakan rumus standar deviasi atau simpangan baku yang disediakan oleh excel. tidak hanya formula stdev saja namun juga dijelaskan fungsi mode yang digunakan untuk mencari nilai yang sering muncul dari beberapa data pada suatu range. juga fungsi median yang digunakan untuk menentukan nilai tengah dari suatu kumpulan data. disamping ketiga formula diatas disinggung juga tentang rumus SUM, COUNT, MIN, MAX, AVERAGE. adapun kegunaan dari masiang-masing diatas dapat dibaca pada artikel Contoh Rumus Statistik Excel.

pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menentukan Ranking Excel yaitu bagaimana cara membuat peringkat excel. ranking excel formula ini biasa digunakan untuk mencari rangking excel hasil ujian siswa pada mata pelajaran tertentu atau beberapa hasil UTS sekaligus. tidak hanya itu saja, rumus peringkat excel 2007 ini juga dapat difungsikan untuk buat rangking calon mahasiswa baru yang akan diterima di suatu universitas. begitu juga ketika pada penerimaan calon pegawai baru, dengan beberapa kriteria yang telah disepakati dapat menggunakan rumus rangking excel sehingga dapat memutuskan pegawai baru yang akan diterima dengan cepat.

Cara Menentukan Ranking Excel kadang dianggap masalah yang sepele tapi akakn memakan waktu lama jika dalam penilaian raport siswa SD, SMP, SMA, SMK atau MI misalnya menggunakan cara manual yang dihitung secara berurutan. maka solusinya adalah cara membuat ranking di excel 2007. sebenarnya tidak hanya pada versi 2007 saja namun juga dapat dipakai pada excel 2003, 2007, 2010 dan 2013. mohon maaf pada saat ini tidak sedang menjelaskan rumus ranking rang.avg, rank.aq, erstellen, pivot, hacking. akan tetapi akan membahas mengenai bagaimana cara mencari peringkat dengan excel. adapun fungsi rangking excel yang dipakai adalah formula RANK serta diberikan cara mengatasi jika ada nilai rangking di excel yang sama atau ganda (dobel).

disamping itu akan dijelaskan cara bagaimana solusi jika ada nilai peringkat dalam excel yang sama atau ganda pada saat mencoba Cara Menentukan Ranking Excel. akan dijelaskan juga cara mengatur regional setting pada windows. hal ini memerlukan pengaturan regional setting pada sistem operasi windows 7 atau xp dari komputer kita karena konfigurasinya masih standar yaitu english (united states). jika regional setting masih menggunakan english maka akan muncul peringatan the formula you typed contains an error ketika menjalankan ranking excel template 2003, 2007, 2010 atau 2013. sehingga agar tidak terjadi error maka regional setting harus diganti dengan indonesian. untuk lebih jelasnya silahkan terus disimak penjelasan selanjutnya.
Cara Mencari Ranking Excel
hasil peringkat dengan menghilangkan nilai dobel

Cara Menentukan Ranking Excel

Cara Membuat ranking excel 2007 atau versi lainnya yang sudah dicoba di blog ini dapat di download diakhir artikel ini sehingga anda dapat menambah atau mengurangi sesuai dengan kebutuhan anda. namun jika anda ingin tahu step by step how to do ranking in excel silahkan terus membaca tutorial ini. perlu dikatahui jika dalam fungsi excel peringkat menggunakan satu kriteria saja maka kriteria tersebut yang dijadikan acuan dalam buat rangking. misalnya membuat peringkat di excel dari data hasil ujian pelajaran matematika saja maka nilai matematika tersebut yang dijadikan acuan membuat fungsi rangking. namun jika ada beberapa kriteria misalnya nilai matematika, bahasa indonesia dan bahasa inggris maka harus dibuatkan nilai rata-rata dari ketiga pelajaran tersebut. nilai rata-rata yang ada dijadikan acuan untuk membuat rank excel.

contoh pada gambar dibawah adalah cara mencari peringkat excel dengan menggunakan satu kriteria saja yaitu nilai pelajaran matematika maka untuk mengurutkan rangking di excel menggunakan nilai matematika tersebut. Cara Menentukan Ranking Excel dengan klik cell D5 dan ketik =RANK(C5,$C$5:$C$14,0). penjelasan format rumus excel mencari peringkat tersebut adalah =Rank(number, ref, order) dimana C5 adalah nomor yang menjadi acuan dan syntax $C$5:$C$14 adalah range data yang dijadikan referensi serta sintak 0 adalah perintah pengurutan yang sifat optional, boleh ditulis atau tidak. jika penulisan fungsi rangking excel pada cell D5 benar maka muncul nilai 6 artinya shidqia berada pada peringkat 6 dari seluruh siswa. untuk copy rumus, klik cell D5 dan arahkan kursor pada bagian bawah kanan cell D5 setelah muncul tanda + maka drag kebawah sehingga semua siswa mendapatkan nomor rangking.
Cara Mencari Ranking Excel
fungsi rank pada cell D5
Cara Mencari Ranking Excel
fungsi rank satu kriteria
adapun rumus excel mencari peringkat dengan menggunakan lebih dari satu kriteria pada ranking excel data nya maka harus mencari nilai rata-rata dahulu seperti pada gambar dibawah yang terdapat 2 kriteria yaitu matematika dan bahasa indonesia. untuk membuat rata-rata klik pada cell E5 dan ketik =AVERAGE(C5:D5). adapun untuk copy formula average caranya sama seperti sebelumnya sehingga semua siswa mendapatkan nilai rata-rata. kemudian Cara Menentukan Ranking Excel dengan mengacu pada nilai rata-rata tersebut. klik pada cell F5 dan ketik =RANK(E5,$E$5:$E$14,0). perlu diketahui yang menjadi nilai acuan disini adalah nilai rata-rata makanya ditulis E5 bukan C5 seperti rumus sebelumnya.
Cara Mencari Ranking Excel
formula average pada cell E5
Cara Mencari Ranking Excel
hasil rata-rata
Cara Mencari Ranking Excel
fungsi rank dari nilai rata-rata pada cell F5
Cara Mencari Ranking Excel
hasil rank lebih dari 1 kriteria

The Formula You Typed Contains an Error

jika muncul peringatan error seperti diatas pada microsoft excel anda ketika mencoba praktek Cara Menentukan Ranking Excel maka anda harus mengubah regional setting pada windows anda. itu terjadi karena setting default format regional setting di windows adalah english bukan indonesia. agar tidak muncul peringatan The Formula You Typed Contains an Error lagi maka klik menu start pada windows dan klik control panel. kemudian klik change keyboards or other input methods dan klik tab Formats. pada menu combox format pilih indonesia (indonesia)  dan klik ok. silahkan tutup kemudian buka lagi ms excel anda maka tidak muncul lagi peringatan adanya error seperti sebelumnya. untuk lebih lengkapnya silahkan lihat posting Mengatasi The Formula You Typed Contains an Error.
The Formula You Typed Contains an Error
peringatan error

Ranking Excel No Duplicates

Cara Menentukan Ranking Excel pada fungsi sebelumnya masih memungkinkan adanya nilai peringkat yang sama atau ganda (dobel) dan biasa disebut ranking excel duplicates values sehingga ada nilai rangking yang dilompati. kembali pada gambar sebelumnya terlihat ada 2 peringkat yang sama yaitu peringkat 6 untuk shidqia dan kayyis. bagaimana untuk menghilangkan ranking yang ganda tersebut ? cara nya mudah klik pada cell G5 dan ketik =RANK(E5;$E$5:$E$14)+COUNTIF($E$5:E5;E5)-1. maka hasilya shidqia tetap peringkat 6 dan kayyis berubah menjadi rangking 7. untuk copy rumus, klik cell D5 dan arahkan kursor pada bagian bawah kanan cell D5 setelah muncul tanda + maka drag kebawah sehingga semua siswa mendapatkan nomor rangking.
Cara Mencari Ranking Excel
rumus rank tanpa nilai ganda pada cell G5
Cara Mencari Ranking Excel
hasil peringkat dengan menghilangkan nilai dobel
demikian artikel Cara Menentukan Ranking Excel dan baca juga artikel Tempat Belanja Murah di Singapore.

Download Ranking Excel Template

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Menentukan Ranking Excel"

  1. Wah saya yang lupa, terim akasih banyak infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa ?
      terima kasih banyak jg dah mampir

      Hapus
    2. Lupa kalau rumusnya seperti itu :D
      Cara penulisannya.

      Hapus
  2. mengapa shidqia peringkat 6 dan kayyis berubah menjadi rangking 7, logikanya gimana gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuat rangking dengan mencari nilai yang sama dengan 80, jika ada nilai yang sama lagi maka menempatkan pada rangking selanjutnya.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  3. gan punya ane kok masih Formula You Typed Contains an Error. pdh dh ngikutin langkah" di atas help gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masalah regional setting atau penggantian koma (,)
      dengan titik koma (;) atau sebaliknya seperti yang telah
      dijelaskan diatas. silahkan dicoba lagi.

      Hapus
  4. Ini yang saya cari.. Terima kasih atas informasinya yang sudah diberikan mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir

      Hapus