Cara Menghitung Persen Excel


Cara Menghitung Persen Excel. ada tugas sekolah untuk mencari persentase di excel ? atau cara hitung persen di excel ? jangan khawatir blog ini akan menjelaskan cara membuat rumus persen excel. adapun yang ada hubungannya dengan persen biasanya adalah diskon. bagaimana cara mencari persen diskon ? kita sering terperangah karena ketika jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, begitu banyak toko yang menyediakan dagangan mereka dengan cara memberikan diskon yang bersaing. atau pernahkan kita mencoba cara mencari persen keuntungan dari barang yang telah terbeli ?

disini akan diuraikan tentang cara menghitung persen excel dengan cepat. mungkin ada yang bertanya mengapa kita tidak menghitung persen di kalkulator saja agar lebih cepat dari pada harus membuka komputer dahulu hanya untuk mengetahui cara menghitung persen matematika. pada beberapa kasus mungkin lebih mudah menghitung persen di kalkulator namun pada lebih banyak kasus yang lain membutuhkan cara menjadikan persen di excel lebih mudah. misalnya pada kasus cara menghitung persen kenaikan omset tiap-tiap bulan selama satu tahun. cara menghitung persen bunga bank (bunga pinjaman) juga lebih mudah menggunakan microsoft excel.

cara menghitung persen excel pada beberapa kasus lebih memudahkan daripada menghitung di kalkulator. cara mencari persen dari pecahan dapat dilakukan dengan baik. untuk menentukan persen dalam excel akan diberikan beberapa contoh sehingga memberikan pemahaman yang lebih memadai dan mudah. perlu diketahui juga bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan excel bahwa cara membuat persen excel cukup mudah alias tidak membutuhkan keahlian yang tinggi. siapa saja dapat mencoba cara perkalian persen excel atau cara pengurangan persen dalam excel dengan mudah. begitu juga penjumlahan persen excel.

contoh soal cara menghitung persen excel

berapa harga buku yang harus dibayar jika harga buku tersebut Rp 100.000 dengan diskon 20% ?
maka cara menghitung persen diskon adalah harga barang dikali 20 dibagi 100 hasilnya Rp 20.000. jadi harga yang harus dibayar adalah harga barang dikurangi diskon yaitu Rp 100.000 dikurangi Rp 20.000 adalah Rp 80.000. maka uang yang harus dikeluarkan untuk membayar buku adalah Rp 80.000. sekarang kita coba cara mencari persen excel dari jawaban soal diatas cukup mudah. buka microsoft excel dari ketik di sembarang shell misalnya shell D3 dengan =10000*20/100 dan tekan enter maka hasilnya 20000.
Cara Menghitung Persen Excel
hitung persen diskon dengan excel
biasanya tugas sekolah tidak hanya mengerjakan satu contoh soal saja tapi ada banyak soal yang harus dikerjakan untuk mencari nilai persen. dalam kasus ini cara menghitung persen excel sangat memudahkan karena kita hanya perlu cara mencari persen excel satu kali saja, setelah hasilnya diketahui maka untuk mencari jawaban selanjutnya dapat dilakukan dengan copy paste. atau dapat juga dilakukan dengan menarik ke bawah shell yang berisi jawaban tersebut sehingga kita dapat menghitung persen dengan cepat seperti contoh dibawah.

Cara Menghitung Persen Excel
contoh soal persen di excel
ketika ada soal cara menghitung persen excel seperti diatas maka kita cari dahulu besar diskon buku paket pada shell E3 dengan ketik =C3*D3/100 dan tekan enter maka menghasilkan 20000. dimana C3 adalah harga barang dan D3 adalah jumlah diskon seperti pada tabel. adapun untuk menghitung besar diskon tas, sepatu dan seterusnya tarik ujung bawah kanan shell E3 kebawah sehingga dilakukan copy shell E3 ke shell dibawahnya. maka menghasilkan nilai dengan rumus excel yang sama.
Cara Menghitung Persen Excel
mencari besar diskon
Cara Menghitung Persen Excel
drag shell E3 ke bawah untuk copy nilai
adapun untuk cara menghitung persen excel pada harga bayar buku paket dengan ketik =C3-E3 pada shell F3 dan menghasilkan 80000 dimana C3 adalah harga barang dan E3 adalah besar diskon. jadi harga bayar adalah harga barang dikurangi besar diskon. adapun untuk menghitung harga bayar tas, sepatu dan seterusnya tarik ujung bawah kanan shell F3 kebawah sehingga dilakukan copy shell F3 ke shell dibawahnya. maka menghasilkan nilai dengan rumus excel yang sama.
Cara Menghitung Persen Excel
mencari harga bayar barang
Cara Menghitung Persen Excel
drag shel F3 ke bawah untuk copy nilai
dan untuk menghitung harga total yang harus dibayar maka ketik =SUM(F3:F12) pada shell F13 kemudian tekan enter. maka menghasilkan 603250 sehingga besar harga yang harus dibayar adalah Rp 603.000.
Cara Menghitung Persen Excel
mencari total harga bayar barang
Cara Menghitung Persen Excel
total harga barang yang harus dibayar setelah diskon
demikian tutorial sederhana mengenai cara menghitung persen dari excel. semoga memberikan kemudahan dalam memahami cara mencari persen excel dengan belajar singkat tentang belajar persen excel. selamat mencoba !

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Menghitung Persen Excel"

  1. makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    http://goo.gl/3WHl2H

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, syukur kalau bermanfaat and makasih dah mampir

      Hapus
  2. Gan cara untuk menghasilkan keuntungan dari harga satuan 250.000 dengan margin 20% gimana yaa caranya menggunakan rumus excel?

    BalasHapus
  3. Om, gmna cara perkalian dengan 2.5%

    BalasHapus