Fungsi Countif Excel Multiple Criteria

Fungsi Countif Excel Multiple Criteria. pada artikel sebelumnya telah dibahas berkenaan dengan bentuk laporan kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam sebuah raport, yaitu bagaimana membuat rapor hasil pencapaian siswa dalam memahami materi pelajaran pada microsoft excel. lebih tepatnya bagaimana memakai raport excel yang sudah jadi untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari teman-teman. paling tidak ada 3 buah raport excel yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan karena memang sudah dibagikan oleh pembuatnya masing-masing. terima kasih kepada teman-teman yang mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membuat raport excel yang bermanfaat. lebih lanjut silahkan klik cara membuat raport dengan excel.

saat ini dijelaskan tentang cara menggunakan countif excel 2007 meskipun sebenarnya dapat digunakan pada ms excel 2003, 2010 dan juga 2013. sebagaimana telah disebutkan bahwa rumus countif pada excel yang dapat digunakan untuk versi 2010 ini juga berlaku untuk versi selainnya, kecuali pada penerapan contoh fungsi countif excel 2 kriteria atau lebih yang disebut juga syntax COUNTIFS excel 2 conditions. dimana kita dapat menghitung jumlah sel pada range tertentu berdasarkan kriteria yang lebih dari 1 atau masih termasuk Fungsi Countif Excel Multiple Criteria yaitu countifs (dengan penambahan s dibelakang countif). contoh bagaimana menghitung jumlah siswa yang lulus dengan nilai A atau cumlaude. contoh file countif bisa di download di akhir artikel.

sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Fungsi Countif Excel Multiple Criteria dan juga bagaimana cara penggunaan countif di excel, lebih baik diterangkan terlebih dahulu apa itu rumus countif excel. countif excel adalah suatu fungsi logika yang ada di microsoft excel 2007, 2010 atau 2013, yang digunakan untuk menghitung jumlah sel pada range tertentu dengan berdasarkan pada 1 kriteria atau beberapa kriteria sekaligus. hal ini berbeda dengan contoh count yang digunakan untuk menghitung sel dengan tanpa membutuhkan kriteria tertentu. fungsi countif excel juga berbeda dengan countblank yang digunakan untuk menghitung sel yang kosong saja. berbeda juga dengan counta yang digunakan untuk menghitung sel yang berisi data apa saja tanpa kriteria tertentu. terus beda antara count dengan counta apa ? count untuk menghitung sel yang berisi numerik saja termasuk tanggal (date).

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang fungsi countif not blank, counta, countblank, and or, google docs, isnumber, vba, less than, greater than, between two values, help secara mendalam dan terinci namun akan membahas mengenai Fungsi Countif Excel Multiple Criteria. akan dijelaskan tentang cara menggunakan rumus countif excel dan penerapannya pada contoh soal microsoft excel sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik bagi teman-teman terhadap countif function. contoh fungsi countif excel digunakan untuk menghitung item barang yang terjual dari gudang tertentu atau untuk menghitung banyaknya jumlah alpa, sakit dan ijin pada absensi siswa selama 1 tahun dll. tidak hanya itu saja, pendataan penduduk yang telah berkeluarga dan dalam kondisi kurang mampu juga dapat dicari hasilnya dengan cara memakai countif di excel.

Contoh Countif Excel 2007 2010

disini akan dijelaskan pengertian dari fungsi countif excel 2007 2010 2013 untuk memudahkan dalam memahami makna dan perbedaan diantara pengertian diatas tentang Fungsi Countif Excel Multiple Criteria.
COUNT digunakan untuk menjumlahkan sel yang berisi data numerik saja pada range tertentu.
COUNTA berguna untuk menambahkan sel yang berisi data dan tidak menghitung sel kosong pada range tertentu.
COUNTBLANK digunakan untuk menjumlahkan sel kosong atau tidak ada datanya pada range tertentu.
COUNTIF berguna untuk menambahkan sel pada range tertentu berdasarkan 1 kriteria.
COUNTIFS digunakan untuk menjumlahkan sel pada range tertentu dengan lebih dari 1 kriteria.
dari sini diharapkan ada kejelasan perbedaan diantara semuanya.

penjelasan diatas akan lebih terang perbedaan antara Fungsi Countif Excel Multiple Criteria dengan rumus count lainnya dengan menghadirkan sintaks dan contoh cara menggunakan countif di excel 2007 2010 atau 2013. contoh penggunaan countif di excel dalam bentuk syntax berikut :
COUNT(range, [....]) 
COUNTIF(range,criteria)
COUNTIFS(range,criteria,[range2, criteria2])  
dimana range adalah daerah sel yang ingin dijumlah sedangkan criteria yaitu kriteria yang ingin dihitung jumlahnya atau dengan kata lain range merupakan baris data yang akan dihitung berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, adapun criteria ialah nilai yang digunakan untuk mencocokkan data yang ingin dijumlahkan.

perhatikan pada contoh fungsi count excel 2007 dibawah ini dan telah dihitung jumlah siswa sebanyak 10 anak sebagaimana tertera pada sel H15. cara menghitung jumlah siswa ini menggunakan rumus count yaitu =COUNT(A4:A13). berarti menjumlahkan sel dari A4 sampai A13 yang berisi bilangan numerik atau angka sehingga menghasilkan nilai 10.
cara menggunakan countif excel 2007
rumus count
sekarang silahkan perhatikan pada contoh soal microsoft excel countif pada gambar dibawah dimana telah dihitung bahwa jumlah Siswa dapat nilai diatas 75 pada palajaran matematika sebanyak 7 anak seperti pada sel H16. cara menggunakan countif excel 2007 ini sebagai berikut =COUNTIF(C4:C13;">75"). yang mana menjumlahkan sel dari C4 sampai C13 yang angkanya lebih besar dari 75 sehingga menghasilkan nilai 7.
cara menggunakan countif excel 2007
rumus countif

Fungsi Countif Excel Multiple Criteria

selanjutnya lihatlah pada contoh penggunaan countifs pada gambar dibawah ini dimana telah dihitung bahwa jumlah Siswa dapat nilai diatas 75 pada palajaran matematika dan ipa sebanyak 4 anak terlihat pada sel H17. cara memakai countifs excel 2007 ini sebagai berikut =COUNTIFS(C4:C13;">75";E4:E13;">75"). yang menambahkan sel dari C4 sampai C13 dan E4 sampai E13 yang angkanya lebih besar dari 75 sehingga menghasilkan 4. jadi disini menggunakan 2 kriteria yaitu mata pelajaran matematika dan ipa.
cara menggunakan countif excel 2007
rumus countif 2 kriteria
adapun pada contoh soal countifs pada gambar dibawah sudah dihitung bahwa jumlah Siswa mendapatkan nilai diatas 75 pada palajaran matematika, ipa dan bahasa indonesia sebanyak 3 anak  pada sel H18. cara belajar rumus countifs excel 2007 ini sebagai berikut =COUNTIFS(C4:C13;">75";E4:E13;">75";D4:D13;">75"). yang menambahkan sel dari C4 sampai C13, sel E4 sampai E13 dan sel D4 sampai D13 yang angkanya lebih besar dari 75 sehingga menghasilkan 3. jadi disini menggunakan 3 kriteria yaitu mata pelajaran matematika, ipa dan b indonesia.
cara menggunakan countif excel 2007
rumus countif 3 kriteria
demikian tutorial Fungsi Countif Excel Multiple Criteria dan baca juga Cara menghitung Denda pajak Motor. selamat mencoba !

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Fungsi Countif Excel Multiple Criteria"

  1. Fungsi Countif Excel Multiple Criteria dan juga bagaimana cara penggunaan countif di excel

    BalasHapus
  2. contoh bagaimana menghitung jumlah siswa yang lulus dengan nilai A atau cumlaude

    BalasHapus
  3. Terima kasih kkak. sangat bermanfaat.

    BalasHapus